BERHASIL! Ini Cara Memperbaiki Lampu LED yang rusak atau Mati Total

BERHASIL! Ini Cara Memperbaiki Lampu LED yang rusak atau Mati Total

Lampu LED adalah lampu modern yang sering dipakai banyak orang saat ini, lampu LED pada saat ini dipercaya bisa menghemat konsumsi listrik secara drastis, dikarenakan komponen ini tidak memakan banyak daya yang besar, tidak seperti lampu generasi sebelumnya yang memakan daya yang cukup besar dan membuat tagihan listrik menjadi bengkak.

Light Emitting Diode atau disingkat menjadi LED terbuat dari bahan semikonduktor, yakni silicon dan germanium. LED sendiri bisa hidup atau berjalan dengan menggunakan arus DC atau Direct Curent. Arus DC sendiri diperoleh oleh karena adanya sebuah konversi yang terjadi oleh sebuah rangkaian Power Supply yang berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi arus DC.

Penggunaan lampu LED bisa menekan angka biaya pengeluaran, karena selain bisa menghemat daya listrik, Lampu LED juga bisa beroperasi dalam jangka waktu yang cukup lama, bisa sampai tahunan. Namun tidak ada kemungkinan juga lampu LED bisa rusak bahkan mati total, bisa di akibatkan karena adanya short listrik di area lain, terkena sambaran petir, atau memang sudah waktunya rusak. Maka dari itu, disini akan dibahas bagaimana cara memperbaiki lampu LED rusak atau mati total, ini bisa digunakan untuk berjaga-jaga jika terjadi pada kita dan kondisi sedang dalam keadaan darurat tidak ada gantinya.

Cara memperbaiki lampu LED yang rusak atau mati total

1. Periksa jaringan listrik

Pastikan periksa terlebih dahulu jaringan listrik anda mengandung aliran listrik atau tidak menggunakan tespen, jika mengandung arus listrik berarti lampu LED bermasalah.

2. Bongkar lampu

Bongkar lampu LED secara hati-hati, supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti pecah dan malah tambah rusak.

3. Periksa kabel yang ada di dalam lampu

Periksa kabel-kabel yang ada di dalam lampu, lihat apakah ada yang putus atau ada yang bocor. jika terdapat kabel yang putus atau bocor, cobalah untuk menyambungkan kembali dan bungkus menggunakan isolasi lsitrik.

4. Cek sikring

Cek sikring menggunakan multimeter, jika ternyata putus, coba ganti sikring menggunakan yang baru sesuai dengan ukuran nilai sikring tersebut.

5. Cek kapasitor

Gunakanlah multimeter untuk memeriksa kapasitor didekat dioda apakah masih baik atau tidak, biasanya jika sudah terbakar atau rusak parah kapasitor tersebut akan terlihat gosong atau pecah.

6. Periksa trafo

Periksa juga trafo menggunakan multimeter, trafonya kecil dan biasanya mempunyai 5 kaki.

7. Periksa semua resistor

Periksa semua resistor yang ada dalam rangkaian lampu LED, resistor disini juga banyak yang berperan sebagai sikring cadangan jika terjadinya sebuah arus pendek listrik.

8. Periksa komponen lampu LED

Periksa komponen lampu LED yang dapat menyala tersebut, tes satu-persatu menggunakan multimeter secara bolak balik, jika tidak ada tanda-tanda menyala pada komponen tersebut, kita lanjutkan ke langkah selanjutnya.

9. Periksa PCB lampu LED

Lap terlebih dahulu papan PCB bagian bawah supaya terlihat lebih jelas, cek secara detail apakah ada jalur yang terputus atau tidak. Jika terdapat jalur yang, coba jumper menggunakan kawat tembaga atau kabel.

10. Tes lampu LED

Yang terakhir, tes lampu LED yang rusak atau mati tersebut, jangan berada didekat lampu tersebut untuk berjaga-jaga supaya tidak terjadi hal yang tak diinginkan seperti lampu LED meledak atau terjadi arus pendek.

Cara diatas bisa diterapkan pada berbagai jenis lampu LED. Jika semua cara diatas sudah dicoba dan namun masih tidak berhasil, kemungkinan besar lampu LED yang rusak atau mati total tersebut sudah tidak layak pakai lagi dan harus diganti. Tips membeli lampu LED untuk kalian adalah, belilah lampu LED yang bermerk dan mempunyai masa garansi. Jadi jika terjadi kerusakan, kita tidak perlu susah payah untuk memperbaiki lampu LED tersebut, tinggal datang ke tempat toko dulu kita membeli lampu LED tersebut dan mintalah untuk ditukarkan dengan yang baru.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BERHASIL! Ini Cara Memperbaiki Lampu LED yang rusak atau Mati Total"

Posting Komentar

close