Cara Memperbaiki Kipas Angin Dengan Segala Kerusakan

Cara Memperbaiki Kipas Angin Dengan Segala Kerusakan

Segala kerusakan kipas angin yang membuat pemiliknya terkadang merasa terganggu atau merasa marah, kerusakan kipas angin yang terjadi disekitar kita bisa berbagai macam, seperti kipas angin yang putarannya lemah, macet, berdengung, atau bahkan mati total. Maka dari itu, disini akan kita kupas tuntas bagaimana caranya memperbaiki kipas angin dengan segala macam kerusakan yang terjadi, ini bisa diharapkan dapat meringankan beban biaya yang harus dikeluarkan daripada harus kita bawa ke tempat service kipas angin, namun jika kipas angin tersebut masih mempunyai garansi sebaiknya bawa saja ke tempat pembelian dahulu supaya tidak ada biaya yang dikeluarkan kecuali ongkos.

Kipas angin sendiri terdiri dari berbagai macam komponen, sangat sederhana sebetulnya namun terkadang bagi orang yang awam ini akan terasa sangat sulit. Kebanyakan orang awam, jika mendapati kerusakan kipas angin, mereka biasanya dibawa ke tempat tukang service elektronik, atau bahkan banyak juga yang menggantinya dengan kipas angin yang baru agar kualitasnya tidak diragukan lagi dan mendapatkan masa garansi.

Beberapa komponen utama kipas angin

1. Motor

Komponen utamanya adalah motor, motor disini berperan sebagai penggerak atau pemutar baling-baling yang akan menjadikan putaran tersebut sebuah angin. Motor tersebut ukurannya tidak terlalu besar untuk kipas angin, dengan diameter sekitar 10-15cm. Didalam motor sendiri terdapat sebuah gulungan atau induktor dan sebuah rotor. Aliran listrik akan mengalir ke induktor dan menjadikan sebuah medan magnet yang terhalang oleh rotator dan terjadilah sebuah flux atau pemotongan arus medan magnet yang akan menjadikan rotator tersebut bisa berputar. Induktor yang ada pada motor tersebut biasanya ada 3 bagian, gulungan 1 untuk putaran 1, gulungan 2 untuk putaran 2, dan gulungan 3 untuk putaran 3.

2. Saklar Kontroller

Saklar disini kaitannya sangat penting dengan bagian lilitan tadi, dimana saklar tersebut bisa memindahkan dari gulungan satu ke gulungan yang lainnya. Ada beberapa tombol saklar yang biasanya terdapat pada kipas angin, yakni tombol on/off, tombol satu untuk putaran ringan, tombol dua untuk putaran medium, dan putaran tiga untuk putaran yang cepat. Kontroller atau saklar disini ada beberapa macam, ada yang bisa dilakukan secara manual dengan menekan tombol langsung pada kipas angin, ada juga yang menggunakan remot, hanya saja jika menggunakan remot ada rangkaian receiper tambahan, enaknya jika menggunakan remot kita tidak perlu susah payah bangun untuk mengatur kecepatan pada kipas angin tersebut.

3. Baling-baling

Baling-baling inilah yang diputar oleh motor dan akan menimbulkan sebuah dorongan angin yang akan dirasakan oleh manusia atau benda disekitarnya.

Dengan mengenal beberapa komponen utama yang ada pada kipas angin, kita juga akan lebih mudah mendeteksi atau mendiagnosa kerusakan pada sebuah kipas angin yang nantinya akan kita pelajari. Diharapkan pembelajaran ini bisa membuat kita paham dan tidak buru-buru mengganti dengan yang baru atau membawanya langsung ke tukang service, sambil belajar ini juga akan menghemat uang yang kita punya. Berikut segala kerusakan pada kipas angin yang sering terjadi dimasyarakat dan cara memperbaikinya.

Memperbaiki Kipas Angin yang Putarannya Lemah dan Harus Dipancing


Hal yang paling mudah untuk mengetahui titik kerusakannya adalah dengan mengecek kapasitor terlebih dahulu, karena kapasitor disini berfungsi sebagai penguat tenaga untuk memutarkan sebuah motor. Kapasitor ini biasanya terletak dan tidak jauh dengan motor, maka bukalah baud penutup atau kesing tersebut, lepaskan kapasitor tersebut dari kabel-kabel yang terhubung, sebelum membuka, pastikan hapal alur kabel yang terhubung ke kapasitor agar nanti tidak terbalik jika dipasang kembali. Cek kapasitor menggunakan multimeter, kapasitor disini biasanya berukuran 3uf-5uf, tergantung ukuran kipas angin tersebut.

Memperbaiki Kipas Angin yang Macet

Kipas angin biasanya hidup namun terkadang juga macet, biasanya akan terdengar seperti suara mendesit yang mengartikan bahwa itu serat, kipas angin yang macet berpengaruh juga terhadap kecepatan yang ditimbulkan. Kadang hal ini juga dapat menimbulkan motor pada kipas angin menjadi panas dan bisa berakibat fatal pada gulungan motor tersebut. Caranya yang pertama adalah dengan membuka kipas angin tersebut, bukalah baud-baud penutup kipas angin dan pisahkan baling-baling dari motornya. sehingga yang tersisa hanya motornya saja. Kemudian cek laher pada motor tersebut, apabila laher tersebut sudah rusak maka gantilah laher tersebut dengan yang baru dan ssesuai ukuran, jangan lupa untuk memberi pelumas pada laher tersebut supaya putarannya bisa normal dan berjalan dengan baik.

Memperbaiki Kipas Angin yang Berdengung dan Tidak Berputar

Kerusakan ini biasanya terjadi karena gulungan pada motor tersebut terjadi kebocoran arus listrik, bisa di cek ketika mendengung tersebut menggunakan tespen pada bodi kipas angin jika bahan bodinya terbuat dari logam, atau cek menggunakan tespen pada bodi motor kipas angin. Dalam kerusakan ini, diwajibkan berhati-hati dan tidak sembarangan untuk dinyalakan agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.
Bukalah motor kipas angin, biasanya harus ada yang menggunakan obeng atau juga menggunakan kunci shock, tapi kebanyakan harus menggunakan obeng. Kemudian periksa gulungan yang ada pada motor, pastikan gulungan tersebut secara detail tidak ada yang bocel, tekan-tekan gulungan tersebut kepinggir agar nanti tidak terjadi gesekan dengan rotator, jika terdapat gulungan yang tembaganya terilhat bocel, segeralah tutup menggunakan isolasi. Periksa mika pada gulungan tersebut, pastikan mika tersebut dalam keadaan bagus dan tidak ada yang sobek. pasang kembali dan test.

Memperbaiki Kipas Angin yang Mati Total

Kipas angin yang mengalami kerusakan mati total biasanya untung-untungan, kadang titik kerusakannya bisa ringan atau tidak. Yang pertama kita cek adalah kabel penghubung ke listrik PLN, cek menggunakan multimeter dengan baik. Jika dirasa kabel tersebut masih baik, periksalah sambungan atau semua konektor yang ada, pastikan semuanya terhubung dan tidak ada yang terlepas. Jika semuanya dalam kondisi baik, langkah terakhir adalah dengan mengecek gulungan dinamo tersebut, tak perlu susah payah untuk membongkarnya terlebih dahulu, periksalah gulungan motor menggunakan multimeter, caranya hubungkan multimeter ke kedua titik steker atau colokan kipas angin, periksa secara bolak-balik. Jika tidak ada respon yang baik dari gulungan tersebut, maka terpaksa harus diganti gulungan tersebut dengan yang baru atau digulung ulang. Mengganti gulungan disini prosesnya agak ribet, jika tidak mau repot bawa saja motor kipas angin tersebut ke tukang service yang ahlinya.

Dengan beberapa cara diatas, semoga konten yang saya berikan ini bisa bermanfaat dan dapat diaplikasikan dengan baik. Jika ada tambahan dari kalian, silahkan tambahkan di komentar. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbaiki Kipas Angin Dengan Segala Kerusakan"

Posting Komentar

close