Cara Ampuh Memperbaiki Aki Kering yang Rusak

Cara Ampuh Memperbaiki Aki Kering yang Rusak

Aki dalam sebuah kendaraan adalah salah satu komponen yang sangat penting dan dibutuhkan, aki berperan untuk menghidupkan kendaraan pertamakali. Bayangkan jika tidak aki, proses menghidupkan pertamakali akan terasa sangat ribet dan cape jika harus di selah atau di dorong, apalagi kendaraan besar seperti mobil dan kendaraan besar lainnya. Aki termsasuk battery yang mempunyai kapasitas besar, karena penggunaannya untuk kendaraan. Aki mempunyai dua tipe, yakni tipe aki kering dan aki basah, yang akan kita bahas disini yakni aki kering.

Aki kering memiliki banyak keunggulan daripada aki basah, aki kering bisa dibilang perawatannya sangat mudah dan tidak ribet, dan pada saat ini aki kering banyak dipergunakan pada kendaraan sepeda motor keluaran terbaru.Salah satu barang elektronik ini mempunyai keluaran arus listrik tipe DC atau Direct Curent, dalam bahasa indonesianya adalah arus searah, sama seperti battery pada umunya, tegangan yang keluar dari aki kering untuk sepeda motor adalah 12V, dan untuk mobil biasanya 24V.

Hampir semua orang yang mempunyai kendaraan terbaru, pasti mereka memiliki aki kering pada setiap kendaraannya, dalam hal ini setiap orang yang memiliki barang tersebut seharusnya juga bisa merawat aki kering tersebut. Jika anda adalah salah satu pemiliknya, maka anda harus membaca postingan ini sampai selesai, akan kami jabarkan bagaimana proses perbaikan aki kering secara rinci.

Cara memperbaiki aki kering yang rusak

1. Charger Aki Kering

Hal yang harus pertama dilakukan adalah dengan cara mengecas atau mengisi ulang daya aki kering tersebut, pengisian daya aki kering bervariasi dalam segi hal waktu, tergantung dari kapasitas aki kering tersebut. Jika pengisian daya sudah selesai silahkan dicoba terlebih dahulu pada kendaraan anda.

2. Membongkar Aki

Jika dilakukan dengan pengisian daya tidak berhasil, kita harus bongkar aki tersebut. Siapkan obeng minus untuk membuka penutup atau cover aki kering, congkel penutup aki tersebut. Dalam proses pembukaan penutup ini, biasanya akan terasa sangat sulit dan sangat keras, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk melakukan hal ini.

3. Mengisi Air Aki

Sama seperti aki pada umumnya aki kering juga harus diisi menggunakan cairan khusus aki kering (zuur), bukalah karet penutup aki kering supaya air zuur bisa masuk. Siapkan kain lap dan suntikan. Suntikan air zuur kedalam setiap lubang aki kering sedikit demi sedikit sampai batas air di dalam ke permukaan antara 1 cm. Dalam pengisian air ini harus berhati-hati takut tumpah, karena cairan ini adalah salah satu cairan kimia yang berbahaya.

4. Pasang Kembali Penutup Aki

Pasang kembali seperti semua penutup aki dengan baik dan benar, jangan sampai ada celah yang terbuka, gunakan lem atau perekat yang kuat untuk memastikan penutup aki tersebut terpasang dengan kuat.

5. Pengisian Ulang Daya

Isilah kembali daya aki kering tersebut, tunggulah sampai pengisian aki kering tersebut sampai selesai sekitar 3-5 jam.

6. Pengecekan

Langkah terakhir adalah pengecekan, gunakanlah multimeter untuk mengukur tegangan yang keluar dari aki kering tersebut, setelah itu lakukan pengecekan pada kendaraan anda.

Jika cara diatas berhasil, setelah kendaraan dihidupkan maka biarkanlah tetap menyala sekitar 15 menit dalam posisi stasioner, ini berfungsi agar tegangan baru bisa menyesuaikan dengan kondisi kendaraannya. Dengan tutorial diatas, semoga kalian bisa memahami dan berhasil mempraktekkannya. Terimakasih!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ampuh Memperbaiki Aki Kering yang Rusak"

Posting Komentar

close